Indosat, Tbk.

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA FAKULTAS EKONOMI  
Nama  : Adrianus Diaudio Febrian No. Mhs. : 120419354 
Nama  : Chandramely Novi Christie No. Mhs. : 120319372 
Nama  : Egian Putranti No. Mhs. : 120419382 
Nama  : Yanuar Rusdianto No. Mhs. : 120319391 
Nama  : Marudut Hendri Manurung  No. Mhs. :110319315

 

1967 Indosat berdiri sebagai salah satu perusahaan penanaman modal asing di Indonesia. Indosat mengoperasikan pertama kali sistem komunikasi satelit internasional, sehingga teknologi muktahir telah menjadi bagian dari keberadaan Indosat. Dengan tujuan menguasai kemajuan dari teknologi, Indosat bertekad memastikan keunggulan dalam persaingan di masa mendatang. 1980 Indosat semakin berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasional pertama yang dibeli dan dimiliki secara 100% oleh pemerintah Indonesia. 1994 Menjadi perusahaan publik, Indosat juga mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek New York. Kepemilikan saham sebagai berikut: Pemerintah RI memiliki 65% dan publik 35%. 2001 Mengambil alih saham mayoritas di Satelindo, operator seluler & IDD di Indonesia. Mendirikan PT. Indosat MultiMedia Mobile (IM3), sebagai operator seluler pelopor jaringan GPRS dan Layanan multimedia di Indonesia. 2002 Pemerintah RI menjual 8,10% sahamnya kepada publik dan selanjutnya menjual 41,94% kepada Singapore Technologies Telemedia Pte.Ltd (STT). Pemerintah memiliki 15,00%, STT memiliki 41,94% dan publik memiliki 43,06%. 2003 Bergabung dengan ketiga anak perusahaan Satelindo dan IM3, serta Bimagraha untuk menjadi salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia. 2006 Memperoleh lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3.5G di Jakarta dan Surabaya. 2008 Saham Indosat secara tidak langsung dimiliki oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) sebanyak 40,81% melalui Indonesia Communications Limited (ICLM) dan Indonesia Communication Pte. Ltd (ICLS). Pemerintah Indonesia dan publik menguasai sisa saham sebesar masing-masing 14,29% dan 44,90%. 2009 Qtel kemudian membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik, sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Dengan begitu, Indosat dimiliki oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) atas nama Qatar Telecom (Qtel Asia) Pte. Ltd (65%), Pemerintah Indonesia (14.29%) dan publik (20.71%). Indosat memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sementara anak perusahaan IM2, memenangkan tender untuk lisensi WiMAX yang diadakan pemerintah. 2010 Indosat menyelesaikan persiapan dari proses transformasi mendasar menjadi sebuah perusahaan berkinerja tinggi yang berfokus pada pelanggan, melalui restrukturisasi organisasi, modernisasi dan pengembangan jaringan seluler, serta, upaya peningkatan keunggulan operasional. 2011 Indosat telah mencapai lebih dari 50 juta pelanggan dan berhasil menyelesaikan transformasi menuju perusahaan berfokus pada pelanggan yang efisien dan berkinerja tinggi

Visi

Menjadi pilihan utama pelanggn untuk seluruh kebutuhan informasi dan Komunikasi.

Misi

  • Menyediakan dan mengembangkan produk, layanan dan solusi inovatif yang berkualitas untuk memberikan nilai lebih bagi para pelanggan.
  • Meningkatkan shareholders value secara terus menerus.
  • Mewujudkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi stakeholder.

Nilai

  • Integritas                          : Mematuhi standar etika tertinggi dalam semua aspek kerja

berdasarkan prinsip-prinsip loyalitas, tanggung jawab dan dedikasi terhadap Perusahaan.

  • Kerjasama                        : Bekerja dalam tim dengan kinerja yang baik, memanfaatkan

keahlian dan pengalaman dari kolega dan mitra kami dalam suasana yang saling percaya.

  • Keunggulan                      : Bertekad untuk menghasilkan yang terbaik dalam hal apapun

yang dilakukan dan berupaya unt

  • Kemitraan                                    : Bertekad untuk menjadi mitra yang baik, menjalin hubungan

kolaboratif, produktif, dan saling menguntungkan.

  • Fokus pada Pelanggan     : Berfokus pada upaya untuk melebihi harapan pelanggan dalam

hal apapun yang kami lakukan.

BAB I

Organisasi yang Meliputi Struktur Organisasi Manajemen Perusahaan, Kepemilikan Perusahaan, dan Budaya Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi PT.Indosat, Tbk

Struktur Organisasi PT.Indosat, Tbk dipimpin oleh Harry Sasongko Tirtotjondro sebagai President Director & Chief Executive Officer,beliau juga membawahi 4 Direktur lainnya yaitu,Laszlo Imre Barta (Director & Chief Commercial Officer), Fadzri Sentosa

(Director & Chief Wholesale and Infrastructure

Officer), Curt Stefan Carlsson (Director & Chief Financial Officer),Hans Christiaan Moritz (Director & Chief Technology Officer)

 

  1. A.    Dewan Direksi:
  2. 1.      President Director & Chief Executive Officer

Menetapkan sasaran utama Perusahaan melalui strategi korporasi jangka pendek dan jangka panjang. Mengelola segala aspek Perusahaan untuk memastikan operasional yang efektif dan menguntungkan, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan berkelanjutan untuk mencapai hasil maksimum dari modal yang diinvestasikan. Memimpin perubahan mode operasional dan mengelola lingkungan internal dan eksternal.

  1. 2.      Director & Chief Financial Officer

Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan Indosat, mencakup fungsi-fungsi pengendalian, treasury, akuntansi dan pendapatan usaha. Memberikan saran pada unit usaha dan fungsi-fungsi korporasi mengenai rencana keuangan dan model ekonomi mereka. Mengawasi seluruh tanggung jawab fiscal dan fiduciary Perusahaan, bekerja sama dengan Direksi dan komitekomite yang relevan. Bertindak sebagai “Kustodian Nilai Pemegang Saham”

  1. 3.      Director & Chief Technology Officer

• Memastikan dukungan teknologi bagi fungsi-fungsi operasional, memungkinkan peluncuran produk pada waktu yang tepat; juga memastikan operasional harian aset-aset teknologi secara efektif dan efisien. Membangun jaringan untuk mendukung pertumbuhan usaha dan mengoperasikan jaringan yang kompetitif dan berkualitas tinggi di dalam anggaran belanja operasiona dan belanja modal yang disepakati.

• Memastikan dukungan IT bagi fungsi-fungsi operasional, memungkin produk memasuki pasar dengan cepat dan pendapatan usaha diakui secara efektif. Memastikan dukungan IT bagi keseluruhan Perusahaan untuk memungkinkan kegiatan usaha harian yang efisien dan efektif.

  1. 4.      Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer

• Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi infrastruktur dan wholesale. Mengevaluasi dan mengkaji pilihan-pilihan untuk membuang dan membangun bisnis baru. Mengembangkan dan mengelola relasi dengan pelaksana.

• Menelaah dan memperbaharui strategi Solusi Korporasi Indosat. Mempersiapkan dan memimpin penerapan organisasi SBU dan model operasional Solusi Korporasi. Mendorong pertumbuhan penjualan di segmen korporasi nasional.

  1. 5.      Director & Chief Commercial Officer

• Mengembangkan dan menjaga keberlangsungan organisasi SBU “Consumer Wireless.”

• Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi komersial bagi Consumer Wireless. Memimpin pengembangan strategi SBU “Consumer Broadband,” memberikan saran dan memimpin pengelolaannya. Memaksimalkan penjualan dan profitabilitas penjualan consumer wireless. Mengembangkan organisasi penjualan dan distribusi khusus.Untuk informasi tambahan, di bawah ini adalah tugas utama setiap Chief sebagai berikut:

  • Chief Corporate Services Officer

Merencana, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan manajemen sumber daya manusia, mengelola properti, manajemen fasilitas, mengelola grup hukum, sekretaris perusahaan dan memastikan proses transformasi berjalan dengan baik.

  • Chief Strategy & Planning Officer

Memberi sarankan kepada Presiden Direktur & CEO dalam mengembangkan tujuan strategis untuk penciptaan nilai, pengembangan daya saing perusahaan, mengawasi perkembangan bisnis serta kegiatan perencanaan perusahaan. Pada RUPST tanggal 24 Juni 2011, pemegang saham membebas-tugaskan Mr. Peter Wladyslaw Kuncewicz terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2011 dan menunjuk Mr. Curt Stefan Carlsson sebagai Direktur terhitung sejak tanggal 1 September 2011.

  1. B.     Dewan Komisaris

• Sheikh Abdulla Mohammed S.A Al Thani, Komisaris Utama

• Dr. Nasser Mohammed A. Marafih, Komisaris

• Richard Farnsworth Seney, Komisaris

• Rachmat Gobel, Komisaris

• Rionald Silaban, Komisaris

• Alexander Rusli, Komisaris Independen

• Soeprapto S.I.P, Komisaris Independen

• George Thia Peng Heok, Komisaris Independen

• Chris Kanter, Komisaris Independen

Dewan Komisaris melaksanakan kegiatan utama berikut sepanjang tahun buku 2011 berdasarkan tugas pengawasan dan pemberian nasehat, peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anggaran Dasar Perusahaan dan keputusan RUPS:

  1. Menelaah dan menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan Perusahaan untuk tahun 2011 yang diusulkan oleh Direksi.
  2.  Mengawasi dan memberi masukan terhadap kinerja Direksi dalam melaksanakan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2011 yang telah disetujui.
  3.  Menelaah dan menyetujui Rencana Kerja Tahunan Perusahaan dan Anggaran untuk 2011 yang diusulkan oleh Direksi.
  4.  Menelaah dan menyetujui rencana pembiayaan utang oleh Perusahaan.
  5. Menelaah dan menyetujui remunerasi Direksi untuk tahun 2011 berdasarkan rekomendasi Komite Remunerasi;
  6. Memberikan rekomendasi kepada RUPS dalam hal penunjukan akuntan publik yang akan mengevaluasi kondisi keuangan Perusahaan untuk pelaporan kepada pemegang saham Perusahaan; dan
  7. 7.      Menelaah dan menyetujui laporan keuangan, Laporan Tahunan dan 20-F untuk disampaikan kepada pejabat pasar modal yang relevan berdasarkan rekomendasi Komite Audit.

Kepemilikan Saham

Kepemilikan PT. Indosat, Tbk terbagi atas saham-saham, terhitung sejak Juni 2011 komposisi saham PT. Indosat, Tbk yang diatas 5% : QTEL Asia (65%), Pemerintah Republik Indonesia (14,29%), Skagen AS (5,57%), dan publik (15,14%). Indosat juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Saham New York.

Budaya Perusahaan

PT. Indosat, Tbk adalah perusahaan operator seluler dimana sebagian besar sahamnya dimiliki perusahaan asing. Budaya dari perusahaan ini tercermin dalam service yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para customer yang mengacu pada visi dan misi perusahaan serta makna dari Techno Flower yang merupakan logo baru Indosat.

Tahun 2005 awal, Indosat mengeluarkan Logo baru yang dinamai Techno Flower, perusahaan mencoba mengganti Logo untuk memenangkan persaingan antar operator seluler. Logo berbentuk antara gabungan dari tiga bangun elips masing-masing dengan warna biru, kuning, dan merah yang tersusun bertumpuk hingga menjadi bangun bintang permata di tengahnya. Logo itu dipercantik dengan teks “indosat” di sebelah kanan serta motto “The Future Is Here” di bawah teks “indosat” yang menggantikan motto lama “Easier, Simpler, Better.”

Logo Lama Indosat dan Logo Baru Indosat – Techno Flower

Masing-masing warna yang terdapat dalam bentuk elips mempunyai makna tersendiri. Makna dari warna tersebut adalah:

  • MERAH menggambarkan masyarakat Indonesia.
  • BIRU melambangkan keunggulan teknologi.
  • KUNING melambangkan komunikasi yang ramah.

Keramahan merupakan salah satu inti makna dari logo baru ini. Keramahan dilambangkan dengan bunga (Flower). Teks “indosat” di samping kanan bentuk elips seluruhnya sengaja ditulis dengan huruf kecil untuk melambangkan keramahan. Sedangkan teks “The Future Is Here” di bawah “indosat” merupakan motto baru yang memperlihatkan Indosat mampu menerapkan teknologi terbaru di Indonesia.

Selain itu, PT. Indosat, Tbk memiliki budaya bekerja yang memungkinkan karyawan lebih produktif dan menyenangkan dalam bekerja. Indosat berupaya menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan di mana karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka dan saat bersamaan juga didorong memberikan kemampuan terbaik mereka.

  • Karyawan Indosat disediakan ruang kerja yang nyaman, aman dan sehat untuk melakukan pekerjaannya. Kebijakan dilarang merokok diberlakukan di semua area kantor, sementara bangunan kantor dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin, mushola, ruang menyusui, perpustakaan, klinik, dan fasilitas olahraga.
  • Dengan jumlah jam kerja yang telah ditetapkan perusahaan, karyawan memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal masuk dan pulang kerja sesuai beban kerja masing-masing atau untuk mengakomodasi keperluan penting di luar kerja. Demikian pula, aturan berpakaian yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk berpakaian formal atau santai sesuai dengan waktu kerja atau tuntutan pekerjaan mereka.
  • Indosat mendorong karyawan untuk menyeimbangkan kerja dengan kehidupan sosial dalam lingkungan kantor. Pertemuan karyawan yang disponsori oleh perusahaan, di samping berbagai acara kesenian dan olahraga, adalah beberapa cara untuk mempererat ikatan di antara karyawan di luar hubungan kerja formal.
  • Di tahun 2010, Indosat tengah menjalankan program Transformasi, yang mulai memperlihatkan hasil, antara lain melalui peningkatan nyata produktivitas karyawan tahun 2010 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang diukur dari total pendapatan per jumlah karyawan, yakni sebesar 11,96%.
  • Produktivitas kerja juga terkait erat dengan kesejahteraan karyawan, yaitu ukuran kepuasan karyawan bahwa dengan menjalankan pekerjaan dengan baik, berarti mereka melakukannya untuk kesejahteraan mereka sendiri termasuk kesejahteraan anggota keluarga.
  • Remunerasi yang adil yang dikaitkan dengan kinerja perorangan dan kinerja perusahaan. Indosat menanamkan budaya kerja berbasis kinerja dengan menggunakan sistem Manajemen Kinerja Karyawan yang mengkaitkan kompensasi keuangan dengan performansi kerja aktual berdasarkan target Key Performance Indicator. Dari waktu ke waktu, kami    juga mengadakan survei gaji secara independen dengan perbandingan sesama perusahaan di industri yang sama dan di beberapa sektor serupa. Hal ini memberikan dasar untuk penyesuaian struktur gaji yang dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kami tetap merupakan salah satu perusahaan sebagai pilihan tempat berkarir di Indonesia.
  • Tunjangan kesehatan dan skema perlindungan sosial. Karyawan berhak atas pemeriksaan kesehatan rutin yang komprehensif, sedangkan fasilitas klinik medis dan gigi gratis disediakan untuk karyawan dan anggota keluarga mereka di gedung kantor kami atau melalui kerjasama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan. Di samping itu, perlindungan asuransi meliputi biaya rawat inap termasuk operasi, melahirkan, pemeriksaaan laboratorium, dan fisioterapi. Karyawan tetap juga secara otomatis terdaftar dalam program dana pensiun yang disponsori oleh perusahaan.
  • Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan di Indonesia, karyawan mendapatkan cuti tahunan serta cuti khusus seperti cuti yang terkait dengan musibah dan cuti mutasi kerja.
  • Indosat mendirikan Koperasi Karyawan, yang menyediakan berbagai manfaat untuk anggotanya seperti pinjaman lunak untuk tujuan konsumtif.

BAB II

Perusahaan Meliputi Produk (product), Harga (price), Distribusi (place), Promosi (promotion).

Indosat, Tbk memiliki produk yang terdiri dari Jasa Seluler, Jasa Komunikasi tetap, dan Jasa Multimedia, Komunikasi Data, dan Internet (MIDI).

  1. 1.      Jasa Seluler.
Keterangan Manfaat bagi Pelanggan
Paket lengkap yang ditujukan bagi segmen profesional. Paket lengkap telepon, SMS, dan data ketika jam kerja maupun diluar jam kerja dengan harga yang kompetitif.
Layanan seluler prabayar yang terjangkau ditujukan bagi segmen kaum muda. Paket telepon, SMS dan data yang terjangkau serta layanan nilai tambah dan konten yang menarik.
Paket akses internet untuk layar besar dan kecil. Tersedia paket harian, mingguan dan bulanan yang terjangkau.
Program loyalitas bagi pelanggan Indosat berdasarkan poin. Pelanggan dapat menukarkan poin untuk manfaat Telekomunikasi dan Non-Telekomunikasi
Layanan seluler prabayar untuk keluarga. Perhitungan tarif yang sederhana dan hemat.
Layanan seluler premium GSM pasca bayar. Layanan premium untuk mobilitas dan kualitas yang tinggi, dengan jangkauan internasional paling luas.

Indosat dikenal dengan rangkaian produk berkualitas tinggi yang komprehensif dalam layanan mobile voice dan data, termasuk layanan wireless broadband. Pada bulan Mei 2011 Indosat, Tbk.  melengkapi lini produk dengan meluncurkan Indosat Mobile bagi target pasar professional dan brand IM3 yang kuat bagi kalangan muda. Indosat, Tbk. juga meluncurkan Indosat Internet yang menyediakan layanan internet broadband bagi pelanggan IM3, Mentari dan Matrix didukung oleh teknologi 3,5 G yang mencakup kecepatan tinggi, layanan data tak terbatas sampai dengan 7,2 Mbps untuk aktivitas e-mail, chatting, unduh data, blog, browsing dan lainnya, semua dengan tarif jelas dan terjangkau. Pelanggan IM3, Mentari dan Matrix dapat mengakses layanan Indosat Internet dari nomor telpon selular mereka tanpa harus mengganti nomor telpon. Layanan broadband  ini sekarang tersedia di sejumlah wilayah di seluruh Indonesia. Selain itu, produk pra-bayar  yaitu Mentari, menawarkan layanan telepon selular dengan harga kompetitif bagi pengguna jasa berusia dewasa, dan produk pasca-bayar Matrix ditujukan pada pelanggan individu premium dan korporasi. Indosat juga menawarkan sejumlah Layanan Bernilai Tambah (VAS) yang memungkinkan pelanggan mengakses berbagai informasi dan berita politik, olah raga dan bisnis. Jasa VAS mencakup SMS bernilai tambah seperti SMS Alert untuk berita, olah raga, lalu lintas dan horoskop; mobile download seperti nada dering, video, gambar dan games, nada dering personal i-Ring; voting; jaringan sosial, dan banyak lagi. Pendapatan dari VAS adalah Rp1,487 triliun atau 8,9% dari total pendapatan usaha selular, tidak banyak berubah dari persentase tahun sebelumnya.

  1. 2.      Jasa Komunikasi Tetap.
Keterangan Manfaat bagi Pelanggan
Layanan Voice Over Internet Protocol (VoIP) domestik dan internasional. Tarif internasional yang terjangkau, kartu telepon VoIP untuk jarak jauh, biaya telepon yang terkontrol.
Sambungan Langsung Internasional. Telepon SLI yang jernih dan berkualitas, menjangkau mitra bicara di seluruh dunia.
Fixed Wireless Access (FWA) dengan mobilitas terbatas di wilayah/kode area tertentu. Layanan komunikasi suara, SMS dan akses internet yang hemat.
Indosat Phone merupakan akses sambungan telepon tetap yang digunakan untuk berkomunikasi suara, data dan video baik tujuan domestik maupun internasional dengan kualitas baik dan harga kompetitif. Kualitas baik dan harga kompetitif.

Jasa telekomunikasi tetap memberikan kontribusi 6,1% terhadap total pendapatan usaha Indosat pada tahun 2011, dengan segmen Sambungan Langsung Internasional (SLI) sebagai kontributor terbesar. Indosat memiliki jaringan telekomunikasi tetap terbesar di Indonesia, yang terdiri dari layanan SLI, sambungan tetap, dan sambungan tetap nirkabel.

Meskipun jasa telekomunikasi tetap menyusut seiring waktu dan pertumbuhan jasa selular dan MIDI, telekomunikasi tetap masih memberikan kontribusi berharga bagi pelanggan. Pada akhir tahun 2011, jasa telekomunikasi tetap mencapai Rp1,25 triliun, turun 3,3% dari tahun 2010. Kontribusi terbesar berasal dari SLI, diikuti oleh sambungan tetap nirkabel, sedangkan sambungan tetap memberikan kontribusi negatif disebabkan oleh kompetisi dalam pasar CDMA. Kontribusi negatif ini di imbangi oleh peningkatan 98% dari ARPU dalam periode yang sama, yaitu dari Rp17.730 menjadi Rp35.140.

  1. 3.      Jasa Multimedia, Komunikasi Data, dam Internet (MIDI).
Keterangan Manfaat bagi Pelanggan.
IPLC (International Private Leased Circuit)DPLC (Domestic Private Leased Circuit) Layanan Komunikasi Data :Produk dan layanan yang kami tawarkan dalam segmen bisnis ini meliputi layanan digital leased line broadband dan narrowband berbasis point-to-point domestik dan internasional yang berkecapatan tinggi, layanan packet-switching berkinerja tinggi dan penyewaan transponder satelit dan layanan penyiaran. Koneksi sirkit private point-to-point.
Fram Relay & ATM (Asynchronous Transfer Mode) Fleksibilitas untuk trafik yang beragam.
INP (Internet Network Provider) Akses internet global.
IDIA (Indosat Dedicated Internet Access)INIX (Indosat National Internet Exchange) Mampu membuat jaringan pribadi melalui paket data nasional.
MPLS (Multi-Protocol Label Switching)Satellite Service Solusi layanan broadcast untuk nasional dan internasional.
DRC (Disaster Recovery Center) Layanan keamanan data.

Indosat terus mengembangkan kemampuan layanan MIDI baik dalam bidang komunikasi data mau pun bidang-bidang lain. Strategi Indosat adalah mencapai kepemimpinan pasar wireless broadband, dengan menjadi operator pilihan dalam  layanan data melalui tiga inisiatif berikut. Pertama, menciptakan jaringan kuat dengan tingkat pelayanan berkualitas tertinggi. Kedua, memberikan penawaran produk khusus dan relevan serta layanan terbaik bagi pelanggan. Ketiga, melakukan kerjasama dengan produsen perangkat yang memungkinkan layanan data terbaik; strategi ini yang dilaksanakan secara aktif melalui kemitraan pada semua tahap value chain perangkat. Selain itu, Indosat berhasil menyeimbangkan tarif untuk meningkatkan penggunaan layanan.

Pendapatan usaha dari MIDI meningkat 4,0% di tengah tekanan tarif pada tahun 2010, dan berkontribusi 12,5% terhadap total pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp2.576,0 triliun. Jasa MIDI membukukan pendapatan usaha positif sejak triwulan kedua tahun 2011 disebabkan oleh penjualan IPLC (International Private Leased Circuit) dan proyek-proyek pemerintah berskala besar yang melibatkan jasa sirkuit domestik. Bisnis penyewaan satelit juga menyumbangkan pertumbuhan pendapatan usaha positif. Total bandwidth untuk IPLC, DPLC, INternet, Transponder, IPVPN dan Frame Relay meningkat 75,5% pada tahun 2011.

Melanjutkan trend pada tahun-tahun sebelumnya, penggunaan data meningkat signifikan pada tahun 2011, mencapai 2.107 terabyte untuk mobile internet dan 735 terabyte untuk wireless broadband pada 31 Desember 2011, sehingga menimbulkan masalah jaringan bagi pengguna selular pada triwulan ke-empat. Masalah ini diatasi dengan inisiatif peningkatan dan perluasan jaringan.

Layanan Data Tetap meningkat disebabkan oleh peningkatan penggunaan sirkuit untuk Internet Protocol (IP) dan  jasa non-IP untuk pelanggan domestik dan internasional. Namun, pendapatan  usaha tertekan oleh dampak negative dari kompetisi harga yang mengakibatkan penurunan tarif secara keseluruhan.

Tingkat Tarif dan Harga

Berdasarkan peraturan yang berlaku, Menkominfo menetapkan formula tarif yang menentukan jumlah maksimum yang dapat dibebankan oleh operator biaya yang lebih besar kepada pelanggan tersebut, sementara kami mempertahankan struktur harga kami sekarang ini untuk SMS yang masuk ke jaringan kami. Perusahaan mengantisipasi bahwa peningkatan biaya untuk SMS off-network yang dibebankan kepada pelanggan kami akan mengubah trafik SMS dari offnetwork ke on-network, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya interkoneksi yang akan kami alami. Kami tidak dapat meyakinkan, bahwa kami akan dapat memulihkan sepenuhnya semua biaya interkoneksi yang akan kami bayarkan, atau pendapatan yang dihasilkan dari biaya interkoneksi yang kamu terima dari operator lain akan sepenuhnya mencakup (offset) biaya interkoneksi yang akan kami bayar, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan pada pendapatan usaha dari layanan selular kami.

Saluran Distribusi

Indosat memasarkan produk dan jasa selular dengan cara pemasaran langsung dan juga melalui agen penjualan. Persentase terbesar pendapatan usaha selular berasal dari agen-agen penjualan dalam kemitraan yang saling menguntungkan. Secara keseluruhan, Indosat memiliki lebih dari 325.000 Points of Sale (POS) yang dapat dibagi menjadi 280.000 outlet tradisional, lebih dari separuhnya bergabung dalam komunitas outlet Indosat; outlet modern dan perbankan yang terdiri dari 14.000 outlet retail modern seperti Indomaret, Alfamart, Carrefour, dsb, plus 30.000 POS berupa ATM bank; dan berbagai pusat penjualan dan layanan pelanggan terpadu yang dinamakan Galeri Indosat, Griya Indosat, dan KILAT. Galeri Indosat dikelola oleh Indosat, Griya Indosat dimiliki oleh agen penjualan, sedangkan KILAT (Indosat Sales & Service Kiosk) dimiliki dan dikelola oleh mitra perorangan Indosat. Pada akhir tahun 2011 tercatat 150 Galeri Indosat, 44 Griya Indosat dan 81 KILAT.

Indosat bekerja sama dengan para agen penjualan mengelola jaringan penjualan dan layanan pelanggan terpadu di seluruh Indonesia. Dalam kerjasama ini, agen penjualan bertanggung jawab menyediakan jasa penjualan, layanan pelanggan, pembayaran tagihan dan informasi bagi pelanggan retail Indosat di wilayah masingmasing, dan memperoleh keuntungan dari persentase pembayaran pelanggan berdasarkan lama berlangganan dan volume penggunaan. Metode ini mendorong para agen berfokus pada kualitas penjualan dan mengurangi biaya akuisisi dan pemasaran kami.

Sepanjang tahun 2011 sejumlah tolok ukur baru ditetapkan bagi agen penjualan untuk memastikan kualitas pelayanan dan kesiapan yang lebih baik bagi pelanggan. Beberapa wilayah penjualan dan Galeri Indosat direstrukturisasi agar lebih efisien, pelatihan pengembangan diselenggarakan bagi agen-agen di akar rumput yang melakukan penetrasi ke masyarakat dan juga bagi staf outlet. Standarisasi saluran penjualan diberlakukan pada level manajemen.

Kegiatan Pemasaran dan Promosi

Pembentukan citra nama Indosat dilakukan sepanjang tahun melalui program-program promosi yang difokuskan pada komunikasi pemasaran dan penjangkauan masyarakat. Kami menyediakan jasa selular pra-bayar bernilai baik dengan harga terjangkau dalam berbagai program promosi, termasuk berbagai insentif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, menstimulasi permintaan, dan meningkatkan posisi kompetisi kami. Formula tarif yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (MOCIT) menentukan jumlah biaya jasa yang boleh ditarik oleh operator. Berdasarkan formula ini, penyedia jasa selular diijinkan menawarkan promosi dengan harga lebih rendah daripada batasan tarif.

Karena itu, kami meluncurkan sejumlah program promosi yang menarik seperti IM3 Semau-mu yang memberikan akses SMS, Facebook dan Twitter gratis, IM3 Seru Gratis Gak Abis Abis, IM3 NonStop, Mentari Obral Obrol Pool, IM3 Mobac, Liburan Seru, Mudik Seru, dan BlackBerry Gaul Maxi. Promosi khusus bagi pembeli smartphone baru berhasil meningkatkan pendapatan dari penjualan handset BlackBerry hingga lima kali lipat pada tahun 2011. Program retensi Indosat Senyum, Isi Pulsanya, RebutHadiahnya yang menawarkan hadiah-hadiah menarik diadakan pada bulan November untuk membangun kesetiaan pelanggan. Secara paralel, kami mencapai penghematan biaya melalui perubahan paket pemula dan voucher fisik.

Program-program ini didukung oleh iklan dan pemasaran kreatif, termasuk media digital, media sosial dan penjangkauan masyarakat. Kami meluncurkan sejumlah kampanye iklan, termasuk kampanye mencitrakan Indosat sebagai Prestige Partner untuk Layanan Telekomunikasi pada SEA Games XXVI dan mendukung ASEAN Summit ke 19 di Bali. Kami juga meluncurkan program M-Helath, jasa konsultasi dokter virtual melalui SMS. Langkah-langkah untuk meningkatkan layanan dan nilai bagi pelanggan, Indosat melakukan segmentasi pasar secara lebih efektif, baik pada pasar retail mau pun wholesale pemasaran digital kami memperoleh penghargaan pada Digital Marketing Awards 2011, yaitu penghargaan ‘Great Performing Website’ dalam kategori Penyelenggara Jasa Telekomunikasi, penghargaan Great Performing Brand dalam kategori Media Sosial, penghargaan ‘Great Performing Digital Product’ dalam kategori GSM SIM Card untuk IM3, dan penghargaan The Best Digital Marketing 2011 dalam kategori Penyelenggara Jasa Internet untuk IM2.

Kegiatan-kegiatan penjangkauan masyarakat dibagi menjadi kegiatan yang ditujukan pada komunitas sekolah dan kegiatan yang ditujukan pada komunitas non-sekolah. Seorang  staf  pelaksana ditugaskan untuk mencapai setiap komunitas menggunakan dukungan aplikasi dan media digital. Beberapa contoh program penjangkauan masyarakat termasuk komunitas BlackBerry Indosat dan komunitas Android Indosat community, IM3 Mobile Academy Class of 2011 yang terdiri dari pelajar sekolah lanjutan atas dari seluruh Indonesia yang tertarik pada kewirausahaan online, termasuk kemitraan dengan komunitas Bike to Work (B2W), dan berbagai media sosial. Kami juga mendukung berbagai kegiatan pendidikan seperti workshop, membina klinik kesehatan, dan memfasilitasi infrastruktur sekolah.

Terakhir, berbagai program CSR seperti Indosat Wireless Innovation Application Contest (IWIC) ke 6 dan peluncuran Laboratorium Inovasi ITB yang didukung oleh Indosat bermitra dengan kampus ITB turut meningkatkan citra Indosat dalam masyarakat, selain mendorong inovasi teknologi oleh kalangan muda.

BAB III

ASPEK OPERASIONAL DAN PRODUKSI

Selama tahun 2011, Indosat telah berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan dan mengalami peristiwa penting yang menunjang prestasi / kemajuan perusahaan. Indosat meraih 23 penghargaan pada tahun 2011. Penghargaan tersebut diberikan atas dasar pengakuan produk dan jasa yang unggul dan berkualitas, serta organisasi dan praktik bisnis yang dijalankan dengan baik.

Untuk mencapai penghargaan-penghargaan tersebut, Indosat memiliki operasional yang menunjang prestasi perusahaan. Proses yang dijalankan tidak semudah yang dibayangkan. Karena produk tertuju pada konsumen, maka perusahaan harus memberikan inovasi-inovasi baru agar para pelanggan puas dengan produk yang digunakan. Agar inovasi-inovasi tersebut bisa tercapai, maka Indosat melakukan kerjasama pemasaran dengan produsen peralatan dan dealer sepanjang value chain produk dalam bentuk strategi pemasaran bersama, bundling, co-branding, dan pelabelan khusus. Hal tersebut menciptakan saluran distribusi dan pemasaran tambahan bagi produk dan jasa Indosat.

Indosat  berusaha menerapkan operasional yang sejajar dengan perusahaan-perusahaan global lain. Untuk itu, perusahaan menetapkan lima pilar utama tata kelola perusahaan untuk menunjang kesejajaran tersebut, yakni

  1. Transparasi

Kami berupaya menyediakan informasi yang tepat waktu, relevan, akurat, dan mudah diakses bagi semua pemangku kepentingan, sebagai bagian dari usaha kami untuk berpegang pada prinsip transparansi dan mempertahankan obyektivitas dalam operasi bisnis.

  1. Akuntabilitas

Kami telah menjabarkan kerangka kerja akuntabilitas, mendefinisikan peran dan tanggung jawab Dewan Komisaris, Direksi, karyawan, dan komite-komite lain secara jelas, dan selaras dengan visi, misi, nilai-nilai, dan strategi perusahaan.

  1. Tanggung Jawab

Selaras dengan komitmen kami terhadap tanggung jawab organisasi, kami sungguh-sungguh memastikan kepatuhan pada hukum dan menerapkan prinsip-prinsip kehati-hatian.

  1. Independensi

Sesuai dengan semangat independensi, kami berupaya mendorong setiap unit kerja agar independen tanpa dipengaruhi secara berlebihan oleh kepentingan tertentu. Upaya kami mencakup minimalisasi konflik kepentingan dalam kegiatan manajemen dan operasional, dengan cara memastikan agar berbagai jabatan para anggota Dewan Komisaris dan Direksi tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk melaksanakan tanggung jawab dalam perusahaan.

  1. Keadilan

Selaras dengan prinsip keadilan, kami berupaya memperlakukan semua pemangku kepentingan secara adil. Kami memastikan agar semua pemegang saham memperoleh akses yang sama terhadap Informasi Perusahaan. Untuk menghindari pemberian informasi yang  tidak lengkap, kami mengunggah setiap informasi yang telah diberitahukan secara terbuka kepada masyarakat umum dalam website kami dihttp://www.indosat.com.

BAB IV

SUMBER DAYA MANUSIA

 

Karyawan Indosat Merupakan Inti dari Transformasi di Sepanjang Tahun

Menggali seluruh potensi sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kinerja yang dapat menunjang kemajuan Indosat. Hal tersebut merupakan strategi bagi pertumbuhan dan transformasi Indosat yang sedang berlangsung. Dalam proses transformasi melibatkan perubahan dalam banyak bidang, seperti strategi bisnis, struktur organisasi, dan segenap insan Indosat. Indosat merombak struktur organisasi menjadi lebih efektif dan efisien, dengan tujuan utama adalah kepuasan pelanggan dan dapat menghadapi dinamika serta persaingan pasar. Dalam transformasi segenap Insan, Indosat menggunakan sumber daya yang besar dalam hal waktu, upaya, dan uang demi kokohnya landasan kerja.

Persentase Karyawan Tetap berdasarkan Pendidikan (%) :

  • Jumlah Karyawan tahun 2010 = 3833 ; 55% dari Universitas, 18% dari SMA dan dibawahnya, 18% dari Diploma, dan 8% dari Pasca Sarjana dan Doktor.
  • Jumlah Karyawan tahun 2011 = 2848 ; 61% dari Universitas, 13% dari SMA dan dibawahnya, 17% dari Diploma, dan 9% dari Pasca Sarjana dan Doktor.

Karyawan Teladan

Karyawan Indosat diberikan berbagi kemudahan dalam kerjanya dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Lingkungan yang kondusif, gaji bulanan, serta berbagai fasilitas yang bisa didapat seperti manfaat telepon, manfaat kesehatan, bonus tahunan, fleksibilitas waktu kerja dan pakaian kerja merupakan beberapa contohnya. Selain itu Indosat juga memberikan fasilitas /  layanan berupa penyaluran hobi dalam olahraga dan seni dengan tujuan untuk keseimbangan kerja dan kegiatan sosial.

Reorganisasi Struktur

Perusahaan merekstrukturisasi organisasinya dengan menawarkan paket kompensasi khusus, yakni Voluntary Separation Scheme (VSS), bagi karyawan memenuhi kriteria tertentu dan ingin mengakhiri hubungan kerja dengan Perusahaan. Penawaran ini diterima baik sehingga per 31 Desember 2011 tercatat 994 karyawan memilih untuk berpartisipasi dalam Program tersebut. Pelaksanaan transisi yang lancar membawa Indosat untuk berkompetisi di tahun 2012.

Budaya Kerja Berbasis Kinerja

Penyempurnaan sistem Manajemen Kinerja Karyawan yang dikembangkan dari metodologi balanced scorecard merupakan salah satu aspek penting dari transformasi. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan budaya berbasi kinerja di antara karyawan Indosat, karena sasaran utamanya adalah meningkatkan produktivitas individu. Indikator kinerja kunci (KPI) kuantitatif diukur untuk menentukan scorecard di tingkat Perusahaan, yang selanjutnya bercabang pada tingkat group, divisi, dan individu. Hal tersebut untuk menentukan kepastian strategi operasional apakah sasaran dan tujuan perusahaan dicapai atau tidak dan adanya kesesuaian antara strategi korporasi. Pemeringkatan karyawan (KPI) sebagai penghargaan diberikan dalam bentuk bonus tahunan, penyesuaian skala gaji, dan intensif khusus.

Peluncuran Kode Etik

Buku Panduan Kode Etik telah diterbitkan, dan setiap karyawan termasuk Direksi telah menandatangani buku miliknya sebagai janji untuk mematuhi Kode Etik Indosat. Kode Etik ditujukan untuk panduan segala aktivis perusahaan dalam menjalankan tugasnya. Karyawan harus memperbarui komitmen setiap tahun melalui Myinfo.

 

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Indosat menggunakan Sistem Informasi SDM berbasis Employee Self Service (ESS) dengan auto elektronik dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya serta mengurangi kesalahan. Setiap karyawan dapat menggunakan aplikasi intranet ‘Myinfo’ untuk mengakses dan memperbarui informasi yang relevan dan data pribadinya masing-masing. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh karyawan untuk memulai proses rutin tertentu secara langsung, termasuk penilaian kinerja, penggantian biaya medis atau perjalanan bisnis, pengambilan waktu cuti, serta untuk mendaftarkan diri untuk suatu pelatihan khusus atau penghargaan karyawan seperti beasiswa dan tunjangan lainnya.

Komunikasi Manajemen dengan Karyawan

Transformasi merupakan hal yang penting dalam kemajuan Indosat. Transformasi sangat erat hubungannya dengan kelangsungan komunikasi yang efektif. Untuk mempertahankan komunikasi tersebut, Indosat berinisiatif untuk membangun kesadaran, menyebarkan informasi, dan membangun dukungan karyawan terhadap transformasi.

Komunikasi langsung antara manajemen puncak dan karyawan dilakukan melalui pertemuan informal secara rutin, kunjungan Direksi ke cabang dan lokasi kerja, pertemuan sosial dengan Presiden Direktur, dan komunikasi rutin dengan perwakilan dari Serikat Pekerja Indosat (SPI). Selain itu, Indosat juga memanfaatkan saluran komunikasi tidak langsung seperti intranet perusahaan dan kelompok e-mail serta poster dan sarana komunikasi visual lainnya yang ditempatkan di lokasi kerja. Dengan memelihara komunikasi yang efektif tersebut, Indosat berusaha mendukung penuh dari seluruh karyawan terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Salah satu agenda kerja dari Divisi SDM adalah program pelatihan dan pengembangan karyawan. Indosat mengadakan 384 program pelatihan yang diikuti oleh 3855 karyawan tetap pada tahun 2011. Total biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut kurang lebih mencapai 13.943 juta Rupiah. Selain itu, untuk program pengembangan manajemen dan pelatihan  kompetensi didadakan bagi para manajer baru mencapai 484 juta Rupiah. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mengembangkan kompetensi yang lebih signifikan bagi karyawan.

Langkah konkrit Indosat untuk mewujudkan patihan dan pengembangan karyawan dengan diselenggarakannya Indosat Finansial Awareness (IFA) tahun 2010 yang diikuti oleh seluruh karyawan. IFA adalah sekumpulan materi mengenai informasi-informasi keuangan terkait dengan kegiatan usaha Indosat. Melalui kegiatan IFA, karyawan diharapkan dapat lebih mengetahui dan memahami kinerja keuangan perusahaan, dan merasakan langsung antara tugas keseharian dengan seleuru kinerja perusahaan. Goal dari IFA adalah membangun motivasi karyawan agar bekerja lebih keras bagi perusahaan.

Hubungan Industrial

Pada 2010, Indosat menandatangani dokumen Perjanjian Kerja Bersama (PKB) untuk periode 2011-2012 yang kemudian diperbarui dan direnegosiasi untuk setiap 2 tahun antara Manajemen dan Serikat Pekerja Indosat (SPI). Fungsi dari perjanjian tersebut untuk menciptakan hubungan industrial yang dapat mendukung keberhasilan perusahaan dengan konsisten mengakui hak-hak karyawan. Rapat berkala antara manajemen dan perwakilan serikat pekerja merupakan langkah konkrit untuk mempertahankan keharmonisan industrial di dalam ruang lingkup Indosat.

BAB V

LAPORAN KEUANGAN

Keadaan keuangan perusahaan diukur melalui analisis rasio untuk menentukan kesehatan perusahaan. Laporan menjadi dasar dalam penentuan analisis rasio tersebut. Analisi rasio dibagi menjadi :

  • Rasio Keuntungan

Merupakan rasio yang mengukur jumlah pendapatan operasi dalam perusahaan yang dapat menghasilkan keuntungan bagi aset, modal pemilik, dan penjualan. Laba kecil adalah merupakan presentasi keuntungan yang ditahan oleh perusahaan.

Laba Kecil = Pendapatan Usaha (laba penerimaan) ÷ Penjualan (total penerimaan)

Lalu ada pula laba pada aset yang menunjukkan berapa banyak pendapatan dari produksi perusahaan untuk uang yang diinvestasikan pada aset.

Laba Aset = Pendapatan Usaha (laba penerimaan) ÷ Total Aset

Selain pada aset, terdapat pula laba pada modal. Laba pada modal menunjukkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dari satu pemilik yang menginvestasikan uangnya pada perusahaan.

Laba Modal = Pendapatan Usaha ÷ Modal Stakeholder

  • Rasio Penggunaan Aset

Merupakan rasio yang mengukur seberapa baik sebuah perusahaan menggunakan asetnya untuk menghasilkan uang dalam penjualannya. Perubahan penerimaan menunjukkan seberapa banyak waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan pendapatan usaha dalam satu tahun.

Perubahan Penerimaan = Penjualan (total pendapatan) ÷ penerimaan

Lalu ada perubahan persediaan yang menunjukkan seberapa banyak waktu yang dibutuhkan perusahaan menjual dan memindahkan persediaan tersebut dalam satu tahun.

Perubahan Persediaan = Penjualan (total pendapatan) ÷ Persediaan

Sedangkan total perubahan aset menunjukkan seberapa baik sebuah organisasi menggunakan seluruh asetnya dalam penjualan.

Total Perubahan Aset = Penjualan (total pendapatan) ÷ Total Aset

  • Rasio Liquiditas

Merupakan rasion yang mengukur kecepatan sebuah perusahaan dapat mengubah asetnya menjadi uang untuk utang jangka pendek. Rasio liquiditas dibagi menjadi rasio saat ini dan rasio cepat.

Rasio Saat Ini = Aset Saat Ini ÷ Kewajiban Saat Ini

Rasio Cepat = (Aset Saat Ini – Persediaan) ÷ Kewajiban Saat Ini

  • Rasio Penggunaan Utang

Merupakan rasio yang mengukur berapa banyak utang sebuah perusahaan yang digunakan secara relatif untuk sumber modal, seperti modal pemilik. Rasio utang total aset menunjukkan seberapa banyak perusahaan dan pemilik  menggunakan utang.

Utang Total Aset = Utang (total kewajiban) ÷ Total Aset

Selain itu terdapat rasio penerimaan bunga yang menunjukkan pengukuran keamanan perusahaan yang menghormati pembayaran bunga yang harus dibuat oleh kreditor.

Rasio Penerimaan Bunga = EBIT (pendapatan operasi) ÷ Bunga

 

  • Pembagian Tiap-Tiap Data

Merupakan data yang digunakan investor untuk membandingkan kinerja dari satu perusahaan dengan perusahaan lain yang sebanding, tiap-tiap dasar pembagian. Pembagian tersebut dibagi menjadi pembagian tiap-tiap pendapatan dan pembagian tiap-tiap bagi hasil.

Pembagian Tiap-Tiap Pendapatan = Pendapatan Usaha ÷ Jumlah dari Share Outstanding

Pembagian Bagi Hasil = Pembayaran Bagi Hasil ÷ Jumlah dari Share Outstanding

Financial Data and Ratios

BALANCE SHEET(Million Rp except Par Value) Dec-09 Dec-10 Dec-11
Cash & Cash Equivalents 2,835,999 2,075,270 2,224,206
Receivable 1,949,984 1,558,457 1,446,729
Inventories 112,260 105,885 75,890
Current Assets 7,139,627 6,158,854 6,579,439
Fixed Assets 44,428,807 43,571,010 42,573,369
Other Assets 824,863 8,341 5,593
Total Assets 55,041,487 52,818,187 52,172,311
Growth (%) 6.48% -4.04% -1.22%
Current Liabilities 13,068,122 11,946,853 11,952,171
Long Term Liabilities 23,685,082 22,634,848 21,404,167
Total Liabilities 36,753,204 34,581,701 33,111,681
Growth (%) 8.11% -5.91% -3.54%
Minority Interest 330,593 385,840
Authorized Capital 2,000,000 2,000,000 2,000,000
Paid up Capital 543,393 543,393 543,393
Paid up Capital (Shares) 5,434 5,434 5,434
Par Value 100 100 100
Retained Earnings 15,461,237 15,359,289 15,870,673
Total Equity 17,957,690 17,850,646 18,815,973
Growth (%) 3.15% -0.60% 5.41%
INCOME STATEMENT Dec-09 Dec-10 Dec-11
Total Revenue 18,393,016 19,796,515 20,576,893
Growth (%) -1.43% 7.63% 3.94%
Expenses 15,180,001 16,322,571 17,746,794
Gross Profit 3,213,015 3,473,944 2,830,099
Operating Expenses 15,180,001 16,322,571 17,746,794
Operating Profit 3,213,015 3,473,944 2,830,099
Growth (%) -32.12% 8.12% -18.53%
Other Income (Expenses) -981,022 -2,392,127 -1,648,199
Income before Tax 2,231,993 1,081,817 1,181,900
Tax 677,265 357,798 249,397
Minority Interest -56,483 -76,845
Net Income 1,498,245 647,174 932,904
Growth (%) -20.24% -56.80% 44.15%
RATIOS Dec-09 Dec-10 Dec-11
Curent Ratio (%) 54.63 51.55 55.05
EPS (Rp) 59.55 76.83
BV (Rp) 275.72 119.10 171.68
DAR (X) 3,304.73 3,285.03 3,462.68
DER (X) 0.67 0.65 0.64
ROA (%) 4.06 2.05 2.27
ROE (%) 12.43 6.06 6.28
GPM (%) 17.47 17.55 13.75
OPM (%) 17.47 17.55 13.75
NPM (%) 8.15 3.27 4.53
Payout Ratio (%) 50.00 44.75
Yield 1.10 1.36

Analisa Laporan Keuangan

  1. Profitability Ratios.

Profit margin = Net Income ÷ Sales (Total net revenue)

= 932.904 ÷ 20.576.893

= 0,045

Profit margin = 4,5%

Return on asset = Net income ÷ Total assets

= 932.904 ÷ 52.172.311

= 0,017%

Return on asset = 1,7%

Return on equity = Net Income ÷ Stockholders’ equity

= 932.904 ÷ Stockholders’ equity

  1. Asset Utilization Ratios.

Receivable turnover = Sales (Total net revenues) ÷ Receivable

= 20.576.893 ÷ 1.446.729

Receivable turnover = 14,22 X

Inventory turnover = Sales (Total net revenues) ÷ Inventory

= 20.576.893 ÷ 75.890

Inventory turnover = 271,14 X

Total asset turnover = Sales (Total net revenues) ÷ Total assets

= 20.576.893 ÷ 52.172.311

Total asset turnover = 0,39 X

  1. Liquidity Ratios.

Current ratio = Current asset ÷ Curent liabilities

= 6.579.439 ÷ 11.952.171

Current ratio = 0,55 X

Quick ratio = (Current asset – Inventory) ÷ Curent liabilities

= (6.579.439 – 75.890) ÷ 11.952.171

Quick ratio = 0,54%

  1. Debt Utilization Ratios.

Debt to total assets = Debt (Total liabilities) ÷ Total assets

= 33.356.338 ÷ 52.172.311

Debt to total assets = 63,9 %

Indosat mengalami kondisi yang sangat baik dalam bidang keuangan pada tahun 2011. Hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan laba bersih sebesar 29%. Peningkatan laba bersih tersebut mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan efisiensi dalam perusahaan.

KESIMPULAN

  • Indosat adalah perusahaan yang meyediakan jasa seluler, MIDI, dan telekomunikasi yang berfokus kepada pelanggan dalam berbagai hal, dari penawaran produk, hingga peningkatan kualitas jaringan dan standar pelayanan.
  • Indosat banyak bekerjasama dengan dealer yang saling menuntungkan. Hal ini bertujuan untuk menunjang kemajuan Indosat dalam berbagai bidang.
  • Indosat membantu para pemasok lokal untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa mereka melalui hubungan kemitraan dan sistem e-procurement yang efisien.
  • Indosat berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat jangka panjang melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pemulihan pasca bencana.
  • Indosat selalu memotivasi karyawan melalui bimbingan karir, pengembangan, pelatihan berkelanjutan, remunerasi, keunggulan kompetitif, dan lingkungan sehat dan terbuka yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.
  • Hasil dari kerja Indosat adalah peningkatan pendapatan, stabilitas dan pertumbuhan dalam segala bidang, pencapaian jumlah pelanggan, dan pengokohan posisi Indosat di Indonesia sebagai penyedia jasa telekomunikasi peringkat kedua.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.indosat.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Indosat

http://www.idx.co.id/Home/ListedCompanies/CompanyProfile/tabid/89/language/en-US/Default.aspx

http://www.idx.co.id/Home/Publication/PerformanceSummary/tabid/148/language/en-US/Default.aspx

http://www.idx.co.id/Home/ListedCompanies/ReportDocument/tabid/91/language/en-US/Default.aspx

Tinggalkan komentar